Label

Sabtu, 07 Januari 2012

SAP POSET


A.                Identitas
1.      Nama Mata Kuliah                        : Matematika Diskrit
2.      Jumlah SKS                                  : 3 SKS
3.      Semester                                        : 5 (Ganjil)
4.      Kelompok Mata Kuliah                : Mata Kuliah Keahlian (MKK) Program Studi

B.                 Tujuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa  memiliki  pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat dalam mata kuliah matematika diskrit.

C.        Strategi Pembelajaran
1. Metode        : Diskusi dan  tanya jawab.
2. Evaluasi       : Tugas, quis, UTS, dan UAS.
3. Media          : Buku sumber, power point, komputer, dan LCD.

D.     Referensi
1.      Munir, R. (2005). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika Bandung.
2.      Suryadi, D. (1994). Matematika Diskrit. Jakarta : Universitas Terbuka.
3.      Tremblay dkk (1988).Discrete Mathematical Structures With Application to Computer Science. Singapore : Chong Moh Offset

E.     KEGIATAN
Minggu ke
Pokok Bahasan dan TIU
Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar
Tugas
2.
1.       Poset


TIU :
2.1. Memberi penjelasan tentang Poset, diagram Hasse, batas atas dan batas bawah.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
·         Menyebutkan syarat-syarat poset
·         Membuktikan suatu relasi poset atau bukan poset
·         Menggambarkan diagram Hasse dari suatu poset
·         Menentukan nilai batas atas dan batas bawah dari diagram Hasse
·         Mennentukan nilai supremum dan infimum
Latihan soal dari lembar kerja

Pendahuluan (5’)
1.             Dosen menyampaikan judul pelajaran hari ini
2.             Memotivasi mahasiswa dengan mengajukan pertanyaan macam-macam relasi
Penyajian (100’)
1.             Dosen menjelaskan  poset beserta contoh soal poset. 
2.             Mahasiswa memperhatikan penjelasan dosen mengenai poset dan mengajukan pertanyaan jika belum memahami penjelasan dosen.
3.             Dosen memberikan soal-soal tentang poset
4.             Mahasiswa mengerjakan soal poset, kemudian soal dibahas bersama dosen.
5.             Dosen menjelaskan cara menggambar diagram Hasse.
6.             Mahasiswa memperhatikan penjelasan dosen mengenai diagram Hasse.
7.             Dosen memberikan soal-soal tentang diagram Hasse.
8.             Mahasiswa mengerjakan soal-soal diagram Hassse.
9.             Dosen meminta beberapa mahasiswa untuk menuliskan jawaban soal-soal diagram Hasse di papan tulis.
10.         Mahasiswa yang lain memberikan argument atas jawaban soal diagram Hasse yang ada di papan tulis.
11.         Mahasiswa dan dosen menarik kesimpulan dari hasil tanya jawab poset dan diagram Hasse
Penutup (30’)
1.         Dosen memberikan soal evaluasi mengenai diagram Hasse
2.         Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi mengenai diagram Hasse  secara perorangan
3.         Dosen menyampaikan materi pertemuan berikutnya adalah letis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar