SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
A. Identitas
1. Nama Mata Kuliah : Matematika Diskrit
2. Jumlah SKS : 3 SKS
3. Semester : 5 (Ganjil)
4. Kelompok Mata Kuliah : Mata Kuliah Keahlian (MKK) Program Studi
B. Tujuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat dalam mata kuliah matematika diskrit.
C. Strategi Pembelajaran
1. Metode : Diskusi dan tanya jawab.
2. Evaluasi : Tugas, quis, UTS, dan UAS.
3. Media : Buku sumber, power point, komputer, dan LCD.
D. Referensi
1. Munir, R. (2005). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika Bandung.
2. Suryadi, D. (1994). Matematika Diskrit. Jakarta : Universitas Terbuka.
3. Tremblay dkk (1988).Discrete Mathematical Structures With Application to Computer Science. Singapore : Chong Moh Offset
4. KEGIATAN
Minggu ke | Pokok Bahasan dan TIU | Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar | Tugas |
9. | Graf Euler dan Graf Hamilton | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : · Membedakan graf Euler dan graf Hamilton. · Membedakan lintasan Euler dan lintasan Hamilton dari gambar. · Membedakan sirkuit Euler dan sirkuit Hamilton dari gambar. · Menentukan graf dapat ditelusuri atau tidak dari sebuah gambar · Menentukan jalur terpendek dari sebuah graf | Latihan soal dari lembar kerja |
Pendahuluan (2’)
1. Dosen manuliskan judul pelajaran hari ini di papan tulis
Penyajian (35’)
1. Menjelaskan lintasan euler dan sirkuit euler dari gambar.
2. Mahasiswa memperhatikan penjelasan lintasan euler dan sirkuit euler dan mengajukan pertanyaan jika belum memahami penjelasan dosen.
3. Memberikan soal-soal tentang lintasan euler dan sirkuit euler.
4. Mahasiswa mengerjakan soal lintasn euler dan sirkuit euler, kemudian soal dibahas bersama dosen.
5. Menjelaskan graf Hamilton dari gambar.
6. Mahasiswa memperhatikan penjelasan graf Hamilthon dan mengajukan pertanyaan jika belum memahami penjelasan dosen
7. Memberikan soal-soal tentang graf Hamilton.
8. Mahasiswa mengerjakan soal-soal graf Hamilton
9. Menjelaskan lintasan terpendek dalam sebuah graf.
10. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai lintasan terpendek dalam sebuah graf.
11. Mahasiswa mengerjakan soal-soal lintasan terpendek.
12. Dosen meminta beberapa mahasiswa untuk menuliskan jawaban soal-soal graf Hamilton dan lintasan terpendek di papan tulis.
13. Mahasiswa yang lain memberikan argument atas jawaban soal graf hamilthon dan lintasan terpendek yang ada di papan tulis.
14. Mahasiswa dan dosen menarik kesimpulan
Penutup (13’)
1. Dosen memberikan soal evaluasi mengenai graf.
2. Dosen menyampaikan materi pertemuan berikutnya adalah UAS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar